Pembiayaan Investasi 2023: Perlindungan Masyarakat Rp 4 T Aja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono meninjau pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023). (Dok. Kementerian PUPR)

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), tahun 2023 ini bakal mengucurkan dana untuk pembiayaan investasi dengan jumlah mencapai Rp 176,3 triliun. Lantas, kemana saja peruntukan pembiayaan investasi ini? Simak datanya.

Infrastruktur
85.3
Klaser Lainnya
58
Pendidikan
20
Pangan & Linkungan Hidup
4.8
Perlindungan Masyrakat
4.3
Kerja Sama Internasional
3.5
Kewajiban Penjaminan
0.33

Dari total pembiayaan tersebut, bisa dilihat ternyata sebanyak Rp 85,3 triliun atau setara dengan 48,5% dari keseluruhan dana bakal digelontorkan untuk proyek infrastruktur. Kucuran dana ini menjadi klaster paling besar untuk pembangunan di Tanah Air.

Dalam hal ini, perusahaan-perusahaan BUMN akan mendapat penugasan untuk pembangunan seperti jalan tol dan infrastruktur perumahan. Adapun pemerintah menargetkan 229 ribu unit rumah murah untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR) dengan alokasi anggaran Rp26,21 triliun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*