10 Perusahaan Rokok yang Paling Banyak Menyerap Pekerja

Kolase/ Foto 5 Perusahaan Rokok Terbesar/Aristya Rahadian

Perusahaan rokok dan tembakau kerap kali menyerap tenaga kerja begitu banyak seiring dengan kuatnya industri tembakau karena konsumsinya begitu besar. termasuk di Indonesia. Simak 10 perusahaan rokok dan tembakau yang paling banyak menyerap tenaga kerja pada grafik di bawah ini.

Japan Tobacco bercokol di posisi pertama yang merupakan perusahaan terkemuka beroperasi di lebih dari 130 negara di dunia. Di Indonesia sendiri, Japan Tobacco sudah hadir sejak tahu 2010 sejak dimulainya perjanjian impor oleh PT Wiismilak Inti Makmur Tbk.

Dalam 10 daftar tersebut, ada 2 perusahaan rokok yang tak asing di Indonesia yakni Gudang Garam yang menduduki posisi ke 3 dengan menyerap 32,38 ribu pekerja dan Sampoerna menyerap tenaga kerja hingga 20,74 ribu pekerja.

Banyaknya pekerja di 2 perusahaan asal Indonesia ini seiring dengan konsumsi rokok di Indonesia ini begitu besar. Situs tobbacoatlas.org mencatat sebanyak 53,7 juta orang dewasa di Indonesia ini merupakan perokok aktif sementara 2,6 juta pemuda memiliki hobi merokok.

Angka perokok yang tinggi ini membuat Indonesia menjadi negara dengan jumlah perokok terbesar ketiga di dunia setelah Rusia dan China. Tahun lalu saja, 336 miliar batang rokok terjual di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*